Selasa, 03 Mei 2016

Getaran pada Lingkungan Kerja

Getaran adalah Gerakan yang teratur dari benda atau media dengan arah bolak-balik dari kedudukan keseimbangannya. Potensi getaran terdapat pada kendaraan, alat berat, alat pengebor, jack hammer, dll.
Getaran yang memajan tangan/lengan pekerja hingga melebihi batas setiap hari kerja dapat mengakibatkan gangguan terhadap tulang sendi serta gangguan syaraf dan pembuluh darah. Ini berdampak negatif bagi kesehatan pekerja. Oleh karena itu ditentukan waktu operasi dan batas ukuran getaran yang diperbolehkan bagi pekerja sebagaimana tertera pada lampiran I Permenakertrans No. Per. 13/MEN/X/2011.



Untuk mengukur getaran tersebut kita dapat menggunakan “Vibration Meter”. Hasil pengukuran yang lebih besar dari standar, maka perlu dilakukan pengendalian dengan metode rekayasa teknik (engineering control). Misalnya dengan penggantian bantalan mesin yang telah terlalu keras,  penggantian komponen-komponen yang sudah terlalu longgar dengan mengencangkan baut-baut yang telah longgar dan sebagainya. Namun seandainya ternyata hanya sedikit berhasil menurunkan getaran namun getaran yang memajan lengan/tangan pekerja masih melebihi batas maka metode yang disarankan dilakukan yaitu dengan mengurangi waktu jam pemajanan dengan cara rotasi.


0 komentar:

Posting Komentar

Feedback yang baik dari anda sangat berarti bagi kami.

Tentang Training Centre

PT PRASETYA QUALITY – Sebagai penyediakan Jasa Konsultasi, Pelatihan dan Sertifikasi yang berkualitas dan sesuai dengan standarisasi baik secara nasional dan internasional, kami yakin bahwa ProgramPelatihan Leadership yang ditawarkan akan mampu memberikan kontribusi yang maksimal kepada pihak perusahaan.
-
Ditunjang oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan Professional dibidangnya, Kami PT PRASETYA QUALITY – Jakarta sebagai perusahaan konsultan safety akan selalu siap memberikan pelayanan yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Klien. Untuk itu, kami akan selalu berusaha dan menjaga kepercayaan yang telah terjalin untuk selalu siap memfasilitasi segala keinginan Manajamen.