Selasa, 05 April 2016

Alat Pemadam Kebakaran



Alat pemadam api adalah alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil, umumnya dalam situasi darurat. Pemadam api tidak dirancang untuk digunakan pada kebakaran yang sudah tidak terkontrol, misalnya ketika api sudah membakar langit-langit. Umumnya alat pemadam api terdiri dari sebuah tabung ber tekanan tinggi yang berisi bahan pemadam api.

Ada dua jenis utama alat pemadam kebakaran : yaitu bertekanan di dalam dan dioperasikan oleh cartridge. Dalam unit bertekanan di dalam, gas penyembur disimpan pada ruang yang sama dengan bahan pemadam kebakaran tersebut. Tergantung pada bahan yang digunakan, jika berbeda maka bahan pendorong yang digunakan juga berbeda. Pada alat pemadam berisi bahan kimia kering, umumnya digunakan nitrogen; alat pemadam air dan busa biasanya menggunakan udara. Alat pemadam api bertekanan di dalam adalah jenis yang paling umum. Sedangkan jenis Alat pemadam yang dioperasikan Cartridge gas penyembur berisi dalam cartridge yang terpisah yang harus ditekan lebih dulu sebelum mengalir keluar, mendorong bahan pemadam.

Jenis ini tidak seperti biasa, digunakan terutama untuk fasilitas industri, di mana memerlukan penggunaan dengan kemampuan yang lebih tinggi dari yang biasa. serta memiliki keuntungan karena lebih sederhana sehingga memungkinkan pemakai untuk cepat melaksanakan pemadaman, hingga mampu mengendalikan api dalam kurun waktu yang cepat. Tidak seperti jenis bertekanan di dalam yang menggunakan nitrogen, alat pemadam ini menggunakan pendorong karbon dioksida bukan nitrogen, meskipun model cartridge nitrogen juga kadang digunakan pada temperatur rendah.






Kelas kebakaran: Ada tiga kelas dasar kebakaran. Semua alat pemadam kebakaran diberi label dengan simbol standar untuk kelas kebakaran yang dapat dipadamkan.
Kelas A
Kebakaran pada medium padat yang mudah terbakar seperti kayu, kain, kertas, karet, dan banyak plastik.
Kelas B

Cairan mudah terbakar seperti bensin, minyak, lemak, tar, cat berbahan dasar minyak, pernis.
Kelas C

Peralatan listrik termasuk kabel, kotak sekering, pemutus sirkuit, komputer, dan gas yang mudah terbakar.

Mengetahui tentang isi alat pemadam

Dry Chemicals Powder

Klasifikasi
: Multifungsi / segala jenis kategori (Benda zat Padat, zat Cair, dan zat Gas)
CO2

Klasifikasi
: Gas, Mesin, Minyak, dan Perlengkapan Kelistrikan
Foam

Klasifikasi
: Kertas, Kayu, Kain, Bensin/Minyak
Halotron / NAF / AF 11


Klasifikasi
: Segala Jenis Kategori, dan Tidak Meninggalkan Sisa

Menentukan ukuran APAR yang sesuai untuk Anda




1-2 Kg
Terbaik untuk: ditempatkan di dalam mobil.
3-5 Kg
Terbaik untuk: rumah tinggal, kamar, dan ruangan kantor yang bersekat.
6-15 Kg
Terbaik untuk:
• Garasi atau workshop di rumah, di mana api mungkin bertambah besar sebelum terlihat.
• Koridor dan Aula gedung.
• Ruang Elektrikal, Genset, dan Panel Listrik.
20 Kg ++
Terbaik untuk: Industri, Area Produksi, dan Gardu Listrik

Cara Menghitung Kebutuhan dan Menempatan Pemadam Berdasarkan Luas Bangunan/Area

Untuk menghitung jumlah kebutuhan Tabung Alat Pemadam yang akan kita aplikasikan pada area dengan luas area tertentu, kita bisa mengikuti acuan dari National Fire Protection Association (NFPA), NFPA 10 : Tentang Standarisasi Alat Pemadam Portable. 
Dalam hal tersebut, menjelaskan bagaimana menghitung kebutuhan, dan peletakan/posisi tabung Portable APAR, serta cara pemeliharaannya. selain itu, pemerintahan membuat aturan seperti hal tersebut. 
Suatu aturan yang banyak dalam hal men-standarisasi-kan, guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran lebih besar pada bangsa Indonesia, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang memberi aturan, tentang adanya Syarat Pemasangan dan Perawatan Alat Pemadam Api Ringan. 
Tabung Pemadam Api Ringan ( APAR ), peletakkan terbaik di setiap tempat area yang disekitarnya terdekatnya terdapat barang yang berharga dan yang bahwasanya pada tempat tersebut juga berpeluang terjadinya kebakaran. Jadi baiknya, jika disetiap area pada lingkungan tempat Anda disediakan Alat Tabung Pemadam, sebagai proteksi sejak dini dari bahaya terjadinya kebakaran. 
Tetapi walau seperti itu, sesuai peraturan dari pihak Dinas Pemadam Kebakaran ( DAMKAR ), peletakan pada setiap tabung, disesuaikan pada luasan area ataupun ruangan yang akan dicover. 
Perkantoran, Koridor, Aula

Contohnya untuk setiap luas ruang 200 M2, harus disediakannya 1 unit tabung Alat Pemadam Api Ringan type Dry Chemical Powder / Serbuk ( ABC ) dengan kapasitas 6 Kilogram ( Kg ). Dengan jarak per-tiap unit, interval 20 meter. Ini berlaku untuk ruangan terbuka/ruangan terusan, misalnya seperti koridor atau aula.

Ruangan Berpartisi, Ruang Kantor, Kamar Tidur

Untuk ruangan bersekat, seperti ruangan kerja pada kantor, ruangan kamar tidur ataupun ruangan yg mendekati, disarankan untuk menyiapkan 1 unit Tabung Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan ( APAR ) type ABC berkapasitas ukuran 3 Kg.

Ruang Elektrikal, Genset, Panel Listrik
Selanjutnya beralih ke ruangan/area Mekanikal & Elektrical. Untuk area berskala kecil, cukup menyediakan 1 unit tabung type ABC Dry Chemical Powder berkapasitas 4 Kg, dan 1 unit tabung Alat Pemadam Api type Carbon Dioxide CO2 berkapasitas 6,8 Kg.

Industri, Area Produksi, Gardu Listrik
Ruangan seperti ini, sangat berpotensi besar untuk terjadinya kebakaran. Apabila melihat dari sudut pandang sisi pengoperasiannya, aktifitas / aliran arus listrik dan hawa panas yang terja terus menerus, sangat berpeluang besar adanya kebakaran. Untuk Mengantisipasi kejadian tersebut, memang sudah selayaknya untuk menyediakan sarana pencegahan sejak dini dari hal bahaya kebakaran.
Kami menyarankan untuk menggunakan paling tidak 1 unit APAR type Dry Chemical Powder/ serbuk ( ABC ) dengan kapasitas 9 Kg, 1 pc Alat Pemadam Fire Extinguisher Trolley Wheeled ( Trolley Beroda ) type Dry Chemical Powder ( ABC ) berkapasitas 50 Kilogram ( Kg ), dan 1 pc Alat Pemadam Fire Extinguisher Trolley Wheeled type Carbon Dioxide (CO2) berkapasitas 9 Kg.
Selain itu perlu juga untuk diperhatikan masalah peletakan setiap tabung Alat Pemadam tersebut.
  1. Disetiap unit, hendaklah diberi label berupa stiker yang mudah terlihat dan terbaca.
  2. Diletakkan di setiap akses pintu keluar, akses turun pintu tangga darurat atau ditempat yang dianggap setrategis, mudah untuk dijangkau dalam waktu yang efisien.
  3. Apabila tabung Pemadam digantung / diletakan di dinding menggunakan bracket gantung, jarak ideal adalah pada ketinggian 120 cm dari lantai.
Sumber: wikipedia, alat-pemadam org

1 komentar:

  1. PT. Amare Aqila Indonesia adalah perusahaan yang memfokuskan pada bisnis penyediaan produk perlindungan terhadap kebakaran diantaranya yaitu Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Alat Pemadam Api Besar (APAB) Fire Supression System, Hydrant, Total Flooding dengan kantor yang berlokasi di Tangerang Selatan, Indonesia.
    alat pemadam api

    BalasHapus

Feedback yang baik dari anda sangat berarti bagi kami.

Tentang Training Centre

PT PRASETYA QUALITY – Sebagai penyediakan Jasa Konsultasi, Pelatihan dan Sertifikasi yang berkualitas dan sesuai dengan standarisasi baik secara nasional dan internasional, kami yakin bahwa ProgramPelatihan Leadership yang ditawarkan akan mampu memberikan kontribusi yang maksimal kepada pihak perusahaan.
-
Ditunjang oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan Professional dibidangnya, Kami PT PRASETYA QUALITY – Jakarta sebagai perusahaan konsultan safety akan selalu siap memberikan pelayanan yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Klien. Untuk itu, kami akan selalu berusaha dan menjaga kepercayaan yang telah terjalin untuk selalu siap memfasilitasi segala keinginan Manajamen.